Sabtu, 14 Januari 2012

Pelung Bisnis : Pemanfaatan Lahan dibawah ternak kandang ayam

Kegiatan budi daya terpadu longyam merupakan sistem budi daya ikan dan ayam secara terpadu. longyam merupakan akronim dari kat " balong " ( kolam pemeliharaan ikan ). longyam adalah suatu sistem pemeliharaan ikan dan ayam secara terpadu dengan memanfaatkan kotoran ayam dan pakan ternak yang tercecer sebagai pupuk organik dan dimanfaatkan sebagai makanan ikan. dengan cara tersebut balong ( kolam pemeliharaan ikan ) dibangun dibawah kandang ayam temapat pemeliharaan ikan.
ikan yang diberi makan dengan kotoran dan pakan ayam yang terbuang ke kolam secara tidak sengaja atau tercecer, dipercaya dapat meningkatkan berat ikan jauh lebih besar dibandingkan dengan ikan hasil sistem pemeliharaan biasa. bau kotoran ayam yang mengganggu hidung akan terbuang ke bawah kolam. selain itu, para peternak ayam dapat memanfaatkan lahan diatas kolam yang biasanya tidak dimanfaatkan, dengan cara membuat kandang - kandang ayam. berbagai jenis ikan dapat dipelihara diantaranya jenis ikan air tawar seperti ikan mas, mujair, sepat dan lele.
budi daya ikan dan ayam dengan menggunakan sistem longyam dapat memberikan keuntungan ganda yaitu, sebagai berikut :




kita bisa memanfaatkan lahan diatas kolam ikan dengan cara membangun kandang tempat tempat pemeliharaan ayam. kandang ayam dapat dibangun diatas salah satu pematang kolam, atau menjulur sebagian diatas permukaan air kolam. dengan cara ini, kotoran dan sisa makanan ayam akan masuk kedalam air dan dapat langsung dimakan oleh ikan atau menjadi pupuk organik bagi kolam 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar