Rabu, 18 Januari 2012

SISTEM PEMELIHARAAN AYAM

Kandang ayam biasanya di buat atau disamping rumah. Kandang ayam di buat secara bertingkat untuk menghemat lahan pekarangan rumah, namun saat ini hal tersebut sudah tidak efektif lagi untuk dilakukan, selain dapat mendatangkan virus penyakit flu burung, juga tidak sehat bagi perkembangan ayam.
Kandang ayam yang dibangun diatas kolam akan memakan tempat seluas pematang kolam atau hanya menjulur sebagian saja diatas permukaan air kolam. besarnya kandang bisa disesuaikan dengan biaya dan jumlah ayam yang diternakan, kandang ayam yang dibangun diatas kolam seluas pematang kolam memungkinkan sisa makanan dan kotoran ayam jatuh langsung kedalam kolam. namun, karena biaya yang diperlukan untuk membuat kandang cukup besar, maka kebanyakan penduduk hanya membuat kandang ayam yang besar menjulur sebagian saja ke dalam kolam kolam. ada berbagai macam bentuk kandang yang dapat dibuat, tetapi yang sering digunakan adalah kandang ayam dengan sistem baterai.
bentuk kadang ayam dengan sistem baterai dibuat memanjang dan diletakan pada bagian sudut kolam, serta pada bagian kolam yang airnya tidak terlampau dalam.
Pondasi ( dasar ) kandang harus kuat sebab berada didalam air umunya pondasi kandang harus kuat sebab berada di dalam air umumnya pondasi kandang dibuat dari tembok seperti membuat pondasi rumah panggung. jarak antara dasar kandang ayam dengan permukaan air kolam berkisar antara 50 - 100 cm.
model kandang dengan sistem baterai paling sesuai di daerah yang tanah atau lahanya sempit. kandang ini juga lebih cocok untuk daerah tropis yang panas dan lembap seperti di indonesia, karena sistem sirkulasi udaranya baik. bentuk kandang ayam dengan sistem baterai sangat menguntungkan bagi peternak ayam, adapun keuntungan dari pemakaian kandang dengan sistem baterai adalah sebagai berikut :

  • Lebih sedikit luas lantai yang dibutuhkan untuk setiap ekor ayam.
  • daya alih makanan lebih baik.
  • tidak memerlukan lantai yang harus ditembok
  • telur yang dihasilkan ayam tidak berserakan di lantai.
  • ayam - ayam mudah terpantau kesehatanya sehingga dapat menghindari terjangkit virus flu burung dan
  • aliran udara lebih baik karena udara berhembus dari segala penjuru ke dalam kandang ayam.



Kandang ayam dengan menggunakan sistem baterai memiliki beberapa kelemahan, diantaranya sebagai berikut :

  • biaya pembangunan kandang lebih besar
  • jumlah telur yang pecah lebih banyak
  • jika daerah perkandangan sempit dan tertutup, masalah utama yang muncul adalah lalat
  • peternak harus setiap saat memeriksa ayam - ayamnya untuk menghindari ayam - ayam yang mati jika terinjak oleh ayam lainya atau terdapat ayam yang sakit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar